Cara menghilangkan bau anjing dan kucing pada perabotan

Hewan piaraan yang terlatih pun kadang akan buang kotoran, muntah, dan meninggalkan bulu rontok secara sembarangan di lantai atau karpet. Berikut ini adalah cara membersihkannya :

Catatan :

  1. Handuk bekas bisa dimanfaatkan untuk menyerap kotoran cair hewan peliharaan anda
  2. Setelah menyerap nodanya dengan handuk bekas, lalu taburi bagian tersebut dengan bubuk soda kue atau kopi untuk menghilangkan sisa-sisa baunya
  3. Tisu basah bisa dipakai untuk menyeka atau menghilangkan  noda yang tertinggal di lantai

Cara menghilangkan bau (pesing) kucing dan anjing dari karpet

Membersihkan kotoran yang ditinggalkan hewan bisa dikelompokkan jadi tiga, yaitu membersihkan air kencing, menghilangkan baunya dan mengangkat kotoran padat. Berikut ini panduannya :

Membersihkan air kencing hewan

  1. Gunakan handuk bekas untuk menyerap genangan kencing. Lakukan langkah ini sesegera mungkin sebelum cairan kencingnya mengering. Semakin lama dibiarkan, maka kencing hewan semakin menyebarkan bau pesing yang akan memenuhi rumah dan meninggalkan bercak di karpet.
  2. Pakai penghilang bau kencing kucing dan anjing yang khusus untuk karpet , biasanya dijual di toko-toko hewan peliharaan. Oleskan atau semprotkan langsung pada karpet lalu diamkan sampai kering. Hindari pemakaian produk pembersih karpet biasa. Produk penghilang bau kencing kucing dan anjing ini mengandung zat kimia khusus untuk membunuh bakteri di dalam kotoran hewan.
  3. Sebagai alternatifnya campur air dan cuka dengan takaran pas, oleskan atau semprotkan pada bagian lokasi bekas kencing hewan. Bahan lain yang bisa Anda pakai adalah obat kumur yang mengandung alcohol, tapi yang tidak berwarna. Diamkan selama sekitar 30 menit lamanya.
  4. Dengan mesin pengisap debu atau alat pembersih karpet lain, anda bisa gunakan untuk menyerap sisa-sisa kelembapan yang masih menempel di karpet. Karena jika tidak, anda bisa pakai handuk lama untuk menyerap kelembapan karpet.
  5. Biarkan mengering secara alami.

Mengangkat kotoran padat anjing dan kucing piaraan

  1. Anda bisa mengangkat kotoran hewan dengan tisu, kantong plastik, ataupun sarung tangan plastik sekali pakai.
  2. Kotoran yang agak encer akan lebih sulit diangkat. Pakai saja selembar karton atau beberapa lembar kertas untuk mengeruk kotoran tadi sebanyak mungkin dari karpet. Lakukan segara tanpa menunggu sampai kering.
  3. Larutkan sabun cuci piring atau deterjen ke dalam air hangat, lalu aduk sampai rata dan berbusa, kemudian pakai untuk membersihkan sisa-sisa noda.
  4. Anda bisa oleskan atau semprotkan penghilang bau kencing kucing dan anjing yang anda beli atau Anda buat sendiri di rumah dengan mencampur obat kumur yang tak berwarna dan cuka.
  5. Serap kelembapan lebih pada karpet dengan handuk bekas, kemudian  biarkan mengering dengan alami.

Menghilangkan bau pesing kucing dan anjing

  1. Bau pesing akibat dari air kencing kucing dan anjing biasanya tajam. Anda harus memakai produk khusus untuk hewan peliharaan setelah menghilangkan noda kotorannya.
  2. Jika produk penghilang bau tidak ada, anda bisa taburi area yang telah dibersihkan dengan banyak bubuk soda kue atau kopi hingga menutup seluruh bagian bekas kotoran tadi. bahan ini akan menyerap bau pesing hewan piaraan.
  3. Diamkan saja selama beberapa jam atau semalaman agar dapat hasil yang lebih baik. Pada pagi harinya, sapu atau sedot sisa-sisa bubuk tadi dengan mesin pengisap debu.
CS SURABAYA
CS BATAM