Cara Merapikan Kabel Di Rumah Anda

Kabel yang berserakan di rumah akan berisiko mencelakai penghuninya. Berikut ini tips merapikan kabel :

catatan:

  • Sembunyikan kelebihan kabel yang panjang di dalam kotak kabel agar tidak berserakan
  • Sembunyikan bentangan kabel yang ada di bawah karpet atau di bawah sofa
  • Pakai pipa kabel agar kabel tidak menggelantung di plafon

Kabel yang berserakan di rumah berpotensi jadi sumber petaka, terutama bagi si kecil. Selain bisa risiko merusak perangkat elektronik ketika kabel tidak sengaja tertarik, kabel kusut di belakang lemari atau yang ada di bawah meja bisa jadi sarang debu. Tapi tips keselamatan di rumah berikut ini tujuannya untuk mencegah anak jatuh akibat terjerat kabel di dalam rumah.

Menjaga kebersihan rumah dan kerapian kabel

Selain merapikan kabel untuk menjaga keselamatan anak, Anda juga perlu untuk memastikan bahwa kabel-kabel tersebut bersih agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Area pertemuan kabel-kabel yang ada —misalnya di belakang bufet televisi, di belakang kulkas, di bawah meja komputer, dan di sudut-sudut dinding yang dilalui kabel— ini akan sangat rawan jadi tempat penumpukan debu. Gunakan mesin penghisap debu untuk menjangkau celah antara perangkat elektronik dan dinding serta di antara kabel-kabel yang berserakan.

Cara merapikan kabel komputer dan perangkat elektronik

Semakin banyak perangkat elektronik yang terhubung dengan kabel di rumah, maka akan semakin besar pula untuk kemungkinan kabel-kabel berserakan di belakang perangkat-perangkat tersebut. Prinsip utama untuk menjaga kabel di rumah adalah menetapkan lokasi yang permanen bagi perangkat elektronik dan mengurai sesedikit mungkin kabelnya. Jika Anda punya rencana renovasi rumah, maka akan sangat menguntungkan jika Anda merancang tata letak kabel secara matang hingga ada setidaknya satu titik kontak listrik yang ada di dekat calon lokasi-lokasi perangkat elektronik.

Tips berikut ini bisa membantu Anda mengatasi masalah kabel berserakan:

  • Urai dulu seminimal mungkin kabel sehingga cukup menghubungkan titik kontak listrik ke perangkat.
  • Ikat sisa kabel yang tidak terurai pakai tali plastik atau kawat tali kabel.
  • Jika ada lebih dari satu kabel yang membentang di area yang sama, maka usahakan agar ikatan kelebihan masing-masing kabel ada di titik yang sama. Dengan begitu, Anda bisa menempatkan ikatan tersebut di dalam kotak kabel.
  • Jika jarak antara perangkat dan titik kontak jauh, maka sembunyikan bentangan kabel, misalnya di bawah sofa, di bawah karpet, atau di lipatan dinding dengan memakai klip kabel.
  • Pipa kabel bisa jadi alternatif untuk menyembunyikan kabel agar tidak menggelantung di plafon.

Pertimbangkan untuk mengganti konektivitas digital di rumah untuk mengurangi pemakaian kabel, misal dengan memasang perangkat nirkabel. Anda bisa mulai pakai instalasi router Wi-Fi yang bisa menggantikan kabel printer, kabel internet, dan kabel pengeras suara.

CS BATAM