Cara Mencuci Karpet Dengan Mudah

Membersihkan karpet cukup mudah dilakukan, asal anda tahu produk dan cara yang tepat untuk melakukannya.

Catatan :

  1. Untuk noda, semakin cepat ditangani maka akan semakin baik—garam dapat dipakai untuk menghilangkan noda yang baru
  2. Jangan merendam karpet anda di dalam air—ini bukan cara mencuci karpet yang tepat karena akan membuat proses pengeringannya jadi lama
  3. Buat larutan cuka dan air hangat dengan komposisi yang seimbang kemudian oleskan pada noda yang berbau pakai kain

Produk pembersih karpet

Untuk membersihkan karpet, air dan sabun biasa tidak cukup, apalagi kalau yang Anda hadapi itu adalah noda yang membandel, bau tajam yang sudah lama menempel, atau debu yang menumpuk dan mengeras selama bertahun-tahun. Sebagian orang memakai pembersih karpet bubuk atau sampo karpet untuk membersihkan karpetnya. Jangan lupa untuk menguji produk pembersih yang akan dipakai.

Untuk mengatasi noda dan kotoran dengan cepat, Anda bisa memakai pembersih karpet yang bubuk sebagai alternatif dari sampo karpet. Membersihkan karpet memakai sampo perlu waktu beberapa jam sampai karpet benar-benar kering, sehingga ruangan jadi tidak bisa dipakai selama karpet masih basah atau lembap. Pembersih karpet bubuk cukup disedot menggunakan mesin pengisap debu, jadi lebih cepat dan dapat memberikan hasil yang sama baik.

Bahan alami untuk membersihkan karpet

Kalau Anda memilih menggunakan cara yang alami, ada beberapa bahan di dapur yang mempunyai kemampuan untuk membersihkan dengan sangat baik. Sebagian besar orang sudah pasti pernah dengar keampuhan air soda untuk membersihkan noda kopi. Selain itu, garam juga bisa untuk mengangkat atau menyerap noda yang masih baru. Sedang untuk bubuk soda kue cukup efektif menyerap bau yang tidak sedap yang menempel pada serat-serat karpet.

Tips membersihkan karpet yang ampuh

  1. Menggunakan bubuk untuk membersihkan karpet

Berikut ini adalah cara untuk membersihkan karpet dengan bubuk, baik itu produk serbuk pembersih karpet atau pun bubuk soda kue :

  • Taburkan bubuk dalam jumlah banyak pada karpet anda
  • Biarkan dulu selama 30 menit—atau semalaman untuk dapat hasil yang lebih baik—tujuannya memberi waktu cukup bagi bubuk bekerja melunakkan noda dan menyerap bau tidak sedap pada karpet
  • Sedot bubuk pakai mesin pengisap debu.
  1. Cara memakai sampo karpet

Ada banyak merk sampo karpet yang dijual di pasaran, jadi pastikan anda ikuti petunjuk pemakaian pada kemasan produk

  • Pada banyak kasus, sampo perlu untuk dilarutkan di dalam air, jadi buat dulu larutan sesuai dengan instruksi pada labelnya.
  • Pakai larutan sampo secukupnya saja untuk menutup area yang ingin dibersihkan.
  • Jangan buat karpetnya terlalu basah karena tidak efektif dan membuat proses pengeringannya jadi lama. Merendam karpet bukan cara cuci karpet yang benar.
  • Khusus untuk noda yang membandel, gosok pakai sikat dengan bulu keras seperti sikat cuci pakaian.
  • Biarkan saja karpetnya mengering.
  • Sedot residu sampo setelah karpet kering.
CS SURABAYA
CS BATAM